Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Apa kabar rekan – rekan semua?
Semoga keberkahan dan kesehatan selalu menyertai rekan – rekan.

Di artikel kali ini saya akan membahas WordPress yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya yaitu Cara Simple Buat Web.

Mohon izinkan saya untuk sedikit bercerita kenapa akhirnya saya kenalan sama wordpress hehe..

Jadi seperti ini, saat saya masih duduk di bangku SMP saya sangat hobi bermain komputer. entah kenapa, mungkin karena saat itu saya baru melihat laptop dan internet.

lalu saya melihat kakak sepupu saya sedang asyik membuat blog menggunakan blogger. akhirnya saya pun mencoba membuat blog juga.

Saya percantik blognya dengan tutorial-tutorial yang sudah disediakan di google. Hingga berminggu – minggu walaupun tetap saya tidak mendapatkan blog yang menarik menurut saya.

sejak saat itu saya ngeblog tapi ingin mencari kepuasan dalam design webnya. bukan untuk terus menjalani profesi sebagai blogger. karena sebenarnya kelemahan saya adalah membuat konten dari sebuah web.

Nah, pada saat itu juga saya sangat tertarik melihat tampilan web hasil dari wordpress. lalu saya coba cari tau apa itu wordpress. dan bagaimana cara memakainya.

Saat awal-awal saya merasa kesusahan dalam memakai CMS Open Source yang satu ini karena begitu ribet isinya, tidak seperti blogger yang simple.

Saya coba satu-satu fiturnya di cms itu. sampai saya mengerti cara memakai cms tersebut.
ternyata tidak terlalu susah jika kita melihat tutorial dan panduan yang sudah banyak tersedia di google.

dan salah satu kelebihan wordpress self host dari blogger yaitu kebebasan kita dalam mengontrol penuh web kita. tanpa ada banned seperti yang ada di blogger.

karena itu saya coba pindah fokus ke wordpress buatannya akang Matt Mullenweg. dan mencoba mengutak ngatik isinya.

tapi kesalahan saya adalah terlalu banyak memilah milih tema, sehingga saya lupa tujuan utama yaitu membuat web yang dinamis, menarik dan bisa saya pakai untuk ngeblog.

saran saya ketika sobat memilih tema pilihlah tema yang sobat sukai lalu coba lihat dokumentasi/panduan cara memakai tema tersebut. karena tampilan saat di directory tema itu sebenarnya tampilan akhir setelah si pembuat tema mengisi konten yang cukup.

maka jika anda merasa kurang puas saat memilih tema karena tidak sesuai dengan thumbnailnya di directory tema wordpress, saran saya jangan langsung anda ganti. tapi cobalah baca panduan/dokumentasi tema tersebut.

karena berbeda tema berbeda juga cara penerapannya.

intinya disini saya katakan WordPress adalah CMS atau Platform yang paling cocok untuk anda jika masih sangat awam masalah web. karena kemudahan – kemudahan yang diberikan WordPress begitu banyak, belum lagi anda tidak terlalu berurusan dengan coding/pemrograman web.

Oke mungkin artikel kali ini saya cukupkan dahulu, Panduan – panduan wordpressnya akan saya share dilain artikel.

Salam Sukses untuk kita.. 🙂

2 thoughts on “Kenalan sama WordPress”

  1. Pingback: Cara Simple Buat Website – Zakiy Fadhil Muhsin

  2. Pingback: Cara Memasang Pop Up di Wordpress - Zakiy Fadhil Muhsin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *